by

Klub Mobil Silverians Sukses Gelar “The New Normal Family Days 2020”, Begini Keseruan Perjalanannya

Wisata, Stigma – Silver Cars Community Indonesia (SILVERIANS) setelah sukses dengan rangkaian-rangkaian acara sebelumnya yaitu KOMAH (Kopdar Rumahan) yang digelar beberapa waktu lalu akhirnya menghasilkan sebuah gagasan baru.

Gagasan tersebut muncul dari Om Rifky (866) dari Chapter Cirebon yang turut hadir ke Sentul, Bogor pada acara Kopdar rumahan itu. Touring/Famgath akan menjadi agenda tahunan komunitas SILVERIANS.

Dari gagasan Om Rifky tersebut, dirinya langsung didaulat oleh anggota yang lain untuk menjadi ketua pelaksana pada acara ini sekaligus menjadi tuan rumah. Setelah melalui beberapa proses maka dibentuklah team panitia pelaksanana (Panpel) pada acara yang diberi tema “The New Normal Family Days Silverians 2020”.

Acara “The New Normal Family Days Silverians 2020” digelar dengan melakukan perjalanan touring ke Kota Cirebon – Kuningan pada tanggal 25 – 26 Juli 2020. Adapun susunan panitia, Om Rifky (866) sebagai ketua pelaksana, bendahara oleh Nte Ayu (872), kegiatan dan acara oleh Om Andreas (999), lalu untuk konsumsi dan hadiah dipercayakan kepada Nte Puspa dan Om Luthfi, dokumentasi Om Igo bersama Nte Novie, Om Lilik (521) sebagai penanggung jawab konvoi, kemudian Om Syaifulloh sebagai Ketua Umum Silverians menjadi penanggung jawab acara.

Setelah melalui berbagai proses persiapan, dari mulai menyusun rundown, penentuan destinasi, dan acara utama dalam kegiatan, team juga melakukan survey lokasi terlebih dahulu. Dan akhirnya perjalanan dimulai pada hari Sabtu, tanggal 25 juli 2020.

Rest Area KM 102 dipilih menjadi lokasi titik kumpul, dikarenakan lokasi tersebut yang paling strategis untuk melakukan line up konvoy dari para peserta member dan sobat Silverians dari berbagai wilayah di Jabodetabek. Maka, pada pukul 07.00 WIB seluruh peserta sebanyak 18 kendaraan berkumpul untuk melakukan proses regiastrasi dan penempelan atribut stiker serta nomor urut konvoy dan pembagian kartu asuransi perjalanan dari Aswata sebagai sponsor acara,.

Seluruh peserta dan keluarga mendapatkan perlindungan asuransi perjalanan senilai Rp 25 juta, karena Aswata bangga melayani Indonesia sesuai tagline Aswata dalan Anniversary ke-56 nya.

Setelah semua peserta kumpul acara dimulai dengan briefing aturan konvoy yang dikomandoi oleh Om Lilik (521) selaku penanggung jawab Konvoy. Semua peserta wajib mengikuti briefing tanpa terkecuali sesuai dengan komitmen Silverians sebagai komunitas pecinta tertib berlalu lintas, maka konvoy diatur dengan sedisiplin mungkin untuk selalu tertib dan taat berlalu lintas tanpa adanya Strobo, Ritator, Hazard serta aksi bloking-bloking yang berakibat mengganggu pengguna jalan lain.

Perjalanan di jalan tol sejauh 134 Km menuju Kota Cirebon bertindak sebagai Road Captain adalah Om Syaiful, ditutup Sweeper Om Lieks dan Om Andreas sebagai Officer yang selalu naik turun memonitor seluruh rangkaian berjalan sesuai urutannya tanpa saling mendahului. Sesekali Nte Novie mengambil dokumentasi di setiap momen perjalanannya.

Sepanjang perjalanan, seluruh peserta juga dibekali kopi segar N3 Coffee sebagai sponsor yang membuat para peserta sangat nyaman mengemudi karena segarnya sajian kopi dingin dari N3 Coffee. Tepat pada pukul 09.30 WIB, rangkaian tiba di Kota Cirebon dengan exit di GT Plumbon, di mana langsung disambut oleh rekan-rekan dari ERCI Ciayumaja (Ertiga Club Indonesia) dan langsung mengawal menuju kawasan Batik Trusmi sebagai destinasi awal.

Dan setelah tiba, para keluarga peserta konvoy diberikan waktu selama 90 menit untuk belanja oleh-oleh dan souvenir khas Cirebon yang terkenal dengan Batiknya. Sedangkan para member bersilaturahmi dengan rekan-rekan ERCI sekaligus bertukar plakat.

Setelah puas mengexplore Batik Trusmi, perjalanan dilanjut dengan santap siang sekaligus wisata kuliner empal gentog H. Apud sebagai menu wajib kulineran Kota Cirebon. Pada pukul 13.00 WIB perjalaan dilanjut menuju Kota Kuningan yang dipandu dengan Guide dari Fauzi Tour untuk wisata alam mengunjungi destinasi wisata di Palutunga, kawasan Curug Putri dan mengexplore coffee time di Pondok Pinus Cafe & Resto.

Destinasi ini dipilih karena memang lokasinya yang sangat sejuk dengan landscape pegununungan Ciremai yang sejuk dan asri dengan udara yang cukup dingin. Setelah puas mengexplore kedua destinasi, semua rangkaian melanjutkan perjalanan menuju Wisma Pepabri, Hotel dengan pemandangan Gunung Ciremai yang exotic dan berbagai fasilitas lengkap standart hotel bintang 4.

Pada puku l 18.00 WIB seluruh rangkaian tiba di Wisma Pepabri dan melakukan check in yang mana semua kamar yang tersedia sudah diboking panitia beberapa hari sebelumnya. Setelah istirahat dan persiapan, acara dilanjut pada pukul 20.00 WIB untuk Gala Dinner/makan malam bersama. Seluruh member peserta acara berkumpul di Gazebo yang sudah disiapkan pihak hotel. Dalam acara Gala dinner tersebut juga diisi dengan berbagai acara seperti tukar kado, ramah tamah, dan perkenalan seluruh member Silverians beserta keluarga masing-masing untuk mempererat rasa kekeluargaan dalam komunitas ini. Kemudian acara ditutup pada pukul 22.30 WIB untuk istirahat.

Hari kedua, tanggal 26 Juli 2020 rangkaian acara dimulai kembali pada pukul 06.30 WIB di area kolam renang Wisma Pepabri dengan senam pagi Zumba, berenang bersama, barberquan serta beberapa perlombaan anak dan dewasa. Kembali acara ini dikemas dengan tujuan menjalin kekompakan kebersamaan dan mewujudkan rasa kekeluargaan antar member.

Hal itu terbukti dengan meriahnya dan antusias keseruan acara pagi hari tersebut. Tepat pada pukul 12.00 WIB, seluruh peserta check out meninggalkan Wisma Pepabri untuk melakukan rangkaian kegiatan selanjutnya yang di awali dengan Baksos panitia yang mengumpulkan donasi sukarela dari member peserta acara dan lanjut menuju Pondok Pesantren Al Kautsar di Cilimus, Kuningan, Jawa Barat dan diterima oleh Ust. Hasan selaku pengelola pondok pesantren tersebut.

Setelah selesai melakukan aksi sosial, perjalanan dilanjut dengan santap siang di RM Palinggihan yang menyajikan menu makanan rumahan yang sangat lezat dengan sambal. Setelah selesai, rangkaian dibagi menjadi dua rombongan untuk menjaga agar rangkaian tidak terlalu panjang dan dapat berdampak mengganggu pengguna jalan lain.

Perjalanan menuju destinasi wisata selanjutnya yaitu ke Telaga Biru. Sebuah telaga yang bersumber dari mata air dari pegunungan Ciremai dengan suasana yang sangat asri, hijau, landscape Gunung Ciremai dan beberapa spot foto pemandangan yang luar biasa indahnya.

Dan setelah puas mengexplore lokasi tsb seluruh peserta melakukan briefing untuk perjalanan pulang kembali ke Jakarta. Menyadari akan aktifitas yang padat sebelumnya maka panitia mengatur beberapa check point istirahat untuk menghindari keletihan para peserta dalam melakukan perjalanan konvoy.

Setelah disepakati check point pertama adalah SPBU Plumbon sebelum masuk Tol Cipali untuk istirahat sekaligus berpisah dengan Om Rifky selaku ketuplak dan tuan rumah. Setelah beberapa waktu istirahat, perjalanan dilanjut dengan formasi yang sama seperti awal perjalanan dan melakukan 2 check point di RA 166 dan RA 87 Tol Cipali.

Pada pukul 22.30 WIB, seluruh peserta tiba di kediaman masing-masing setelah check absensi melalui group WhatsApp oleh pihak panitia. Alhamdulillah akhirnya seluruh rangkaian acara “Silverians Family Days 2020“ terlaksana dengan sangat baik, tidak ada suatu hambatan yang berarti, seluruh peserta happy, om, tante, dan anak-anak membawa sebuah cerita manis dalam perjalanan ini. Sampai bertemu di perjalanan selanjutnya.*()

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed