by

Pesona Wisata Pulau Burung di Laut Timur Jambi

Jambi, Stigma – Wisata Pulau Burung merupakan wisata saat ini yang sangat indah dan beragam macam keanekaragaman  hayati dilindungi di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi.

Wisata Pulau Burung yang juga dekat dengan laut Cina Selatan ini juga dapat ditemukan mangrove langka bernama Candelia Candel yang ditemukan dan telah diinvestigasi langsung oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional.

Ketua Mangrove Coastal Community, Ari Suryanto menceritkan, untuk menuju Pulau Burung para wisatawan hanya menempuh jarak 45 menit dari pelabuhan kecil di Kecamatan Nipah Panjang. Dan wisatawan akan puas dengan pemandangan alam kiri dan kanan saat menuju Pulau Burung.

“Selain dari keindahan, wisata pulau saat ini terus diproses pengembangannya dan ia berharap pemerintah Provinsi Jambi maupun pusat untuk berkontribusi langsung memperhatikan pengembangan wisata dan mangrove di wilayah Tanjabtim,” jelasnya Sabtu, 26 Desember 2020.

Ari menyebutkan, sebelum perjalanan ke Nipah Panjang, wisatawan juga harus menempuh jarak 5 jam dari Kota Jambi dan jika naik motor hanya jarak 4 jam. Hanya saja, ia mempermasalahkan jalan karena rusak parah.

“Permasalahan hanya jalan rusak dan jalan ini menjadi perhatian pemerintah karena saat jalan bagus bisa menempuh 3 jam ke wisata Pulau Burung,” terangnya.

Ari mengatakan, terkait wisata ada sinkronisasi antara dinas pariwisata dan PU dan mengharapkan ke depan tidak menggunakan dana APBD namun dana CSR, Dengan tujuan meningkatkan PAD Tanjung Jabung Timur di bidang wisata.

“Tanjabtim merupakan 90 persen panjang garis pantai ketika kedepan wisata berkembang, pendapatannya sangat luar biasa, terutama menumbuhkan UMKM, pekerja baru, jadi banyak sekali,” cetusnya.* (Barax)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed