by

Lions Club Bagikan 200 Kacamata Untuk Pelajar yang Alami Gangguan Mata

Stigma.co.id, Jakarta – Targetkan 200 kacamata untuk siswa dan siswi yang mengalami gangguan mata, perkumpulan Lions Club District 307-A1 Indonesia menggelar program perlindungan mata anak Tahun 2021-2022 di sekolah di wilayah Kalideres, Jakarta Barat, Senin (6/9/2021).

Distrik Gubernur Perkumpulan Lions Indonesia MD 307-A1 Jessica Budiman mengatakan, sebagai organisasi terbesar di dunia dengan anggota lebih dari 1.4 juta anggota melaksanakan program pengelihatan bagi pelajar di Jakarta Barat.

“Kami memeriksa dan memberikan 200 kacamata gratis kepada para pelajar dan 50 untuk para guru yang ada di Kalideres, Jakarta Barat. Dengan adanya program pengelihatan bisa membantu pelajar yang membutuhkan dan guru dalam mendidik lebih baik lagi untuk masa depan bangsa,” ujarnya.

Sementara Peter Anthony yang menjabat sebagai Vice President 1 Lions Club Jakarta Centennial Puri Cengkareng juga sebagai ketua panitia penyelenggara mengatakan, kegiatan “Mataku Jendelaku” adalah salah satu kegiatan Lions Club yang khususnya di Jakarta Barat melihat masalah mata pada anak-anak di tahun 2021-2022 pada saat diberlakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Kenapa dilakukan kegiatan ini, karena dengan diberlakukannya PPKM banyak kegiatan sekolah-sekolah yang dilakukan secara daring, banyak para siswa mengalami gangguan pada matanya” kata Peter saat dikonfirmasi wartawan di SDN 03 Pegadungan, Senin (6/9/2021).

Peter juga menjelaskan, kegiatan yang dilakukan oleh Lions Club bukan hanya di SDN 03 Pegadungan, namun juga dilakukan di SMAN 94 Semanan, Kalideres Jakarta Barat.

“Berdasarkan data survei yang kami lakukan, dua sekolah ini menjadi prioritas untuk melakukan pengecekan kesehatan mata pada murid-muridnya,” jelasnya.

Untuk target pemberian kacamata gratis kepada siswa siswi tersebut, pihak Lions Club yang dibantu dengan tim medis untuk melakukan beberapa proses tes kesehatan mata dengan alat digital dan manual.

“Kita dibantu dengan tim medis, untuk melakukan tes mata dengan alat digital juga manual,” ujarnya.

Hal senada dikatakan juga oleh Ketua Daerah 3A Perkumpulan Lions Club Indonesia MD 307-A1 Sutedjo Widjaja menambahkan, kegiatan Mataku Jendelaku didukung 4 Lions Club.

“Kegiatan ini didukung Lions Club Jakarta Puri Indah, Lions Club Jakarta Taman Anggrek, Lions Club Jakarta Citra Surya, Lions Club Jakarta Centennial Puri Cengkareng,” ucapnya.

Untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan, pihaknya juga membagi tes kesehatan mata dibeberapa ruangan kelas.

“Sebelum dilakukan tes mata, kita himbau kepada murid untuk mencuci tangan, pengecekan suhu guna mengantisipasi terjadinya kerumunan kami siapkan beberapa ruangan kelas untuk menghindari penyebaran virus Covid-19,” tuturnya.

Ditempat yang sama wakil kepala Sekolah Dasar Negeri 03 Pegadungan, Iman mengucapkan terimakasih kepada perkumpulan Lions Club yang mana telah membantu warga masyarakat yang kurang mampu dengan memberikan bantuan pelayanan pemeriksaan mata dan kacamata gratis kepada para siswa siswi yang mengalami gangguan mata selama diberlakukan sekolah daring.

“Saya mewakili sekolah mengucapkan terimakasih kepada Perkumpulan Lions Club dalam kontribusinya di dunia pendidikan yaitu pengecekan kesehatan mata dan pemberian kacamata secara gratis bagi siswa siswi yang mengalami keluhan mata selama diterapkan sekolah secara daring,” ucapnya.

Di tempat terpisah Wakil Kepala Sekolah SMAN 94 Nur Afianto mengungkapkan, kegiatan tersebut sangat membantu baik tenaga pendidik juga siswa siswi yang mengalami gangguan pada mata.

“Saya mengucapkan terimakasih
kepada Perkumpulan Lions Club yang memiliki kepedulian terhadap kesehatan mata sehingga terselengaranya bantuan ini,” tuturnya.

(Budi Beler)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed